almukmin3Hari Jumat 30 Mei 2014 merupakan hari istimewa bagi warga Kampung Datar Desa Margaluyu Pangalengan. Almukmin, Masjid kecil yang sudah rusak berusia 25 tahun itu akhirnya dibongkar diratakan dengan tanah. Selanjutnya akan berganti dengan masjid yang lebih bagus dan kokoh.

Belasan warga bersukacita saling membantu merobohkan bangunan masjid. Beberapa pengurus TDA Bandung hadir menyaksikan hari sejarah bagi warga yang tinggal diujung Situ Cipanunjang ini.

Warga sebelumnya memang cukup sabar dengan kondisi masjid yang rusak itu. Beberapa ormas dan perwakilan pemerintah kerap datang untuk memotret kondisi masjid dan insfastruktur desa.

Janji demi janji terus disampaikan kepada warga bahwa masjid tersebut akan diperbaiki. Namun kenyataanya hingga bertahun tahun kondisinya makin memburuk.

Harapan warga memang terus ada, meskipun pada kenyataanya selalu gagal. Rasa kecewa bagi mereka tentu membekas, dan itu bisa dirasakan ketika kami, TIM Divisi Sosial TDA Bandung berbincang dengan sesepuh warga.

Semula warga ragu dengan keinginan Komunitas TDA  Bandung yang akan membangun Masjid. Namun seriring waktu keraguan tersebut sirna. Bahkan puncaknya hari jumat 30 Mei, beberapa metarial bangunan datang dan membuat warga bersuka cita bergotong royong merobohkan dan membangun masjid.

Rekan rekan TDA Bandung, Proses pembangunan masjid Almukin tentu saja membutuhkan biaya yang cukup besar. Anggaran dana yang sudah dihitung oleh TIM Divisi Sosial TDA Bandung berkisar 75 juta

Sampai saat ini dana yang sudah terkumpul sekitar 13 juta. Masih jauh menembus target anggaran. Padahal rencana ideal pembangun masjid harus beres sebelum Bulan Ramadhan agar bisa dipakai tarawih dan tadarusan warga.

Meskipun dana pembangunan kurangnya cukup banyak, tidak mustahil kita akan mencapainya sebelum Ramadhan. Mari kita berlomba lomba membantu pembangunan masjid. Dengan kebersamaan hal yang dirasa berat akan menjadi ringan.

 

Donasi bisa disalurkan melalui rekening bersama

BCA 0860508567 a/n Ade Wahyudi/ Hernawan A W

Konfirmasi Transfer bisa melalui email ke

denikoerniawan@gmail.com

ujungbronk82@yahoo.com