Apa bedanya selling & marketing?

Lebih murah mana mencari pelanggan baru atau me-maintain pelanggan lama?

Pilih mana, advertising atau public relation?

Itulah beberapa pertanyaan penting nan menarik yang coba dijawab dan didiskusikan bersama di FGD Jasa episode 2, hari Minggu 10 November 2013 lalu. Bertajuk: “Bagaimana Menjual Produk Jasa Anda?”, acara ini diselenggarakan di Café De’Tuik Bandung dan dihadiri kurang lebih 30 orang.

Mungkin karena bertepatan dengan Hari Pahlawan, maka semua yang terlibat jadi bersemangat—ya pembicaranya, ya panitianya, dan pesertanya juga iya.

Acara dimulai dengan sharing dari peserta FGD Jasa. Ada dua orang yang sharing disini, yaitu Bang Dipo (Opsilogo) dan Mas Novian (Batik Aulia). Mereka bercerita mengenai strategi marketing apa saja yang sudah mereka coba selama ini, dan bagaimana hasilnya.

Setelah sharing peserta, acara berlajut ke sharing dari pembicara utama kita, yaitu Kang Ade Wahyudi. Total ada 12 tema yang Kang Ade bawakan dan, Subhanallah, dua-belas-dua-belasnya sungguh inspiratif dan berguna.

Saking banyaknya “daging” yang dishare Kang Ade, saya sampai bingung mana yang mau dimasukkan ke tulisan ini. Kalau ditulis semua, nanti malah tulisan ini jadi lebih mirip Diktat Kuliah, alih-alih reportase acara. Hehe.. 🙂

Salah satu yang menurut saya cukup berkesan dan karenanya saya angkat disini adalah tips dari Kang Ade bahwa dalam menjual jangan terjebak di menjual produknya saja, tapi jual lah benefitnya. Contohnya jika kita berjualan CCTV, maka jangan ditonjolkan spec & harga CCTVnya, tapi coba jual lah benefit dari CCTV tersebut, yaitu: rasa AMAN.

Setelah sesi tanya jawab berakhir, Kang Ade bergantian dengan Kang Ferdian memberikan update informasi mengenai gawe besar TDA Bandung saat ini, yaitu Pesta Wirausaha. Alhamdulillah rekan-rekan peserta FGD Jasa meresponnya dengan antusias, dan banyak dari mereka yang bersedia membantu dengan menjadi Ticket Box PWBDG. Sebagai apresiasi, nantinya akan akan ada Workshop Sales Force Management dari Kang Ade yang diberikan secara gratis (FREE fee pembicara ) kepada rekan-rekan Ticket Box tersebut.

 

Salam,
M. Yusuf Adiwiyarso
Koordinator FGD Jasa – TDA Bandung
Smuufy.com | Web Design & Development Studio