Kampanye Gaya Hidup Sukses Mulia

Hari Sabtu 13 Juli 2013 kemarin, Komunitas Sukses Mulia punya gawe besar, yaitu Festival Sukses Mulia. Konon katanya, acara yang mengkampanyekan gaya hidup sukses mulia ini diselenggarakan serentak di 20 kota di Indonesia dengan menghadirkan 200 pembicara dan 10.000 audience. Untuk sebuah gerakan sosial, ini merupakan sebuah event yang Luar Biasa
Inline image 5
Dipandu oleh Kang Daan “Di Matteo” Aria P-Project, acara yang bertempat di Gedung Balai Pertemuan UPI ini berjalan dengan renyah dan penuh tawa. Dalam banyak kesempatan, sang MC dengan piawai mampu mengocok perut hadirin sehingga mood audience pun terjaga sampai akhir acara.

Inline image 6

Sebagai acara yang digagas untuk mengkampanyekan gaya hidup sukses mulia, FSM menghadirkan banyak pembicara dari beragam latar belakang—artis, ustadz, pebisnis, dll. Walaupun materi yang dibawakan berbeda-beda, namun secara umum semuanya memiliki benang merah yang sama: bahwa hidup janganlah mengejar kesuksesan pribadi semata, tapi juga harus bisa membawa manfaat bagi orang lain, khususnya yang membutuhkan.  Disinilah letak kesamaan dengan komunitas TDA
Inline image 2
TDA Bandung di FSM
Beberapa pembicara dihadirkan disini, diantaranya : Rendy Saputra, Febiola Aryanti, Axl “Maicih”, Riezka “Justmine”, dr. Faisal Akbar, Abu Marlo, ust. Darlis Fajar, dll.

Sala satu yang menarik adalah ketika Abu Marlo dihadirkan di panggung. Mungkin rekan-rekan mengenal Abu Marlo sebagai magician yang dulu sering nongol di acara The Master. Di FSM Bandung kemarin, Abu Marlo tampil dengan gagahnya. Kali ini bukan sulap yang dia peragakan, melainkan malah membeberkan rahasia trik terhebatnya. Trik untuk menjadi bahagia!

Dengan lugas Abu menyatakan bahwa hukum kebahagian itu mengikuti rumus:

H = R : E

dimana:

H = Happiness (kebahagiaan)

R = Result (hasil)

E = Expectation (ekspektasi)

 

Ilustrasinya begini: katakanlah si Fulan berjualan kaos dan hari ini dia menargetkan (Expectation) kaosnya terjual 10 buah. Bila hari itu Fulan berhasil menjual (Result) 30 kaos maka nilai Happiness-nya adalah 3; sebaliknya jika terjual hanya 5 maka nilai Happiness-nya adalah ½.

Tentu saja kita bisa mengutak-atik rumus di atas untuk mendapatkan nilai kebahagiaan yang kita inginkan. Namun, untuk mendapatkan kebahagiaan yang hakiki, triknya ternyata sederhana: ber-SYUKUR! Loh apa hubungannya?! Yep, ketika seseorang bersyukur maka Expectation-nya menjadi 0 (nol). Walhasil berapapun Result-nya, karena dibagi nol, seseorang akan tetap bisa merasakan Happiness yang tak terhingga. “Orang yang rajin bersyukur, insyaallah kebahagiannya ga akan pernah ada habisnya”, tutur Kang Abu disambut tepuk tangan meriah hadirin.

Inline image 3

Abu Marlo memaparkan rumus kebahagiannya

Makna Sukses menurut Abu Marlo, yaitu bekerja keras dengan melalui Planning, Proses, dan menebar manfaat bagi yang lain, bukan hanya bagi diri sendiri. Sukses itu bukan sekedar soal pendidikan, uang, kesejahteraan, kesehatan dll, tetapi intinya adalah Manfaat bagi yang lain.

Abu Marlo juga merangkum 2 hal yang harus konsisten dilakukan oleh kita semua agar tetap konsisten Sukses dan Mulia antara lain :

1.      Baca ‘Manual Book’ yang kita punya. Baca, Pelajari, Pahami, Amalkan dan Syiarkan. Apa manual book Anda? Bagi saya sebagai seorang Muslim tentulah Al Qur’an jawabannya. Tatapi apakah kelima hal diatas sudah konsisten dilakukan ?

2.      Masukkan Dreams kedalam mindset kita, jadikan sebagai pemacu Kerja Keras kita dengan tujuan akhir adalah rasa SYUKUR.

Berlanjut dengan Ust. Darlis Fajar membahas tentang ciri-ciri orang yang dekat dengan Allah :

1.      Tidak pernah putus dengan Allah melalui Shalat

2.      Membaca Al Qur’an

3.      Sering menyebutkan nama Allah

4.      Tidak pernah berhenti belajar seperti orang dewasa, yakni belajar untuk di Sharing, tidak seperti anak kecil yang belajar hanya untuk keegoisan dirinya saja

5.      Maafkan orang lain, karena menyimpan dendam kepada orang lain, itu sama saja dengan tidak memaafkan diri sendiri.

Selain pembicara, Festival Sukses Mulia 2013 juga menghadirkan beberapa hiburan seperti kabaret dan music performance. Pada saat kabaret, ada satu kalimat yang Njleeeeb keluar dengan lugas saat diceritakan seorang pemuda yang putus dengan pacarnya gara-gara sang pacar tidak mau dihina teman-temannya karena memilih pasangan yang miskin, berjualan ‘gehu’ sambil sekolah. Saat ‘Gilang’ merasa Down dan tidak PeDe untuk tetap berjualan. Sahabatnya mengingatkannya dengan mengatakan “Gimana sih kamu, baru dihina sama pacar aja udah nyerah, gimana nanti kamu dihina Allah saat mempertanggung jawabkan apa yang kamu lakukan didunia!”

Inline image 4

Acara semakin ON dengan  penampilan Babenjo, sebuah band asal kota Bandung yang memadukan alat musik modern dengan alat musik tradisional berupa angklung.

Inline image 4

Duo vokalis Babendjo (teh Uci dan teh Chika)

Untuk semakin mengukuhkan acara ini sebagai bentuk kampanye gaya hidup sukses mulia, di penghujung acara diadakanlah pembacaan ikrar hidup sukses mulia. Hadirin pun diminta berdiri sementara beberapa pembicara yang masih ditempat berkumpul di atas panggung. Pembacaan ikrar ini dipandu oleh salah satu member TDA Bandung, yaitu Kang Faisal.

Inline image 5

Kang Faisal memimpin pembacaan ikrar hidup sukses mulia

 

__

IKRAR SUKSES MULIA

Hari ini, di hadapan Tuhan Yang Maha Esa
Saat hati kami telah berpadu
Saat langkah kami mulai menderu
Saat langit dan bumi menjadi saksi
Kami bersiri dalam satu bahasa

Kami,
Memilih menjalankan hidup
Mengukir prestasi tertinggi
Meraih kebahagiaan sejati
Tanpa kata lelah untuk terus berbagi

Kami,
Memilih menjadi insan SuksesMulia
Dan menjadikan SuksesMulia menjadi gaya hidup kami
Yang akan kami terapkan dalam kehidupan sehari-hari
Karena kami yakin, dengan SuksesMulia
Kami akan memperoleh kehidupan terbaik kami

Dengan segenap jiwa dan raga
Kami berjanji
Untuk Indonesia SuksesMulia

__

*   *   *

 

 

 

 

– Yusuf/Meinar –

 

  1. Ahmad JurinAhmad Jurin01-26-2014

    Informasi yang mungkin dibutuhkan banyak orang..!!! Terus bekarya untuk kehidupan yang lebih baik

Leave a Reply