Ahad 22 Mei 2011 merupakan edisi perdana Komunitas Tangan Diatas (TDA) Bandung mengadakan program terbarunya dibawah divisi Reedukasi Bisnis yaitu program Forum Group Discussion (FGD) TDA Bandung.

Acara FGD TDA Bandung berlangsung di CafeS28 Jalan Sulanjana No 28 Bandung dengan tema “Kupas Tuntas Bisnis Kuliner”. Narasumber pada edisi pedana ini diisi oleh Andri Juwandi pemilik Tahupop, tahu gaul pertama di Indonesia dengan dipandu oleh Riza Hidayatsyah dari divisi Reedukasi Bisnis.

Andri menuturkan awal ia berbisnis Tahupop dimulai awal tahun 2009. Namun yang menarik di sini, Andri Juwandi berani merombak tradisi tahu sumedang yang sudah turun temurun menjadi kreasi yang unik.

Biasanya tahu sumedang mempunyai ciri khas ngaburintik, kecoklat-cokelatan dengan wadahnya yang khas bernama bongsang. Tapi ditangan Andri tahu sumedang memiliki citarasa lainnya seperti rasa, barbeque, keju, pizza, udang pedas, jagung bakar pedas, ayam bawang, sambal balado, sapi lada hitam, kari ayam, rendang sapi ditambah kemasan yang modern.

Keunikan inilah yang kemudian tahu sumedang buatan Andri dijuluki Tahu Gaul dengan nama Tahupop. Saat ini sudah belasan outlet tahupop tersebar di Indonesia dengan konsep kemitraan.

Ide unik dari Andri Juwandi ini mengingatkan kita pada Kiki Gumelar pemilik Chocodot (Cokelat With Dodol Garut) yang beberapa waktu lalu pernah diundang oleh TDA Bandung. Kiki dengan ide dahsyatnya akhirnya berani mengubah dodol, makanan khas turun temurun, menjadi kreasi unik dengan beragam rasa.

Diakhir pemaparan terjadi diskusi yang sangat interaktif antara peserta dengan narasumber. Pertanyaan yang disampaikan seputar tips, peluang, hambatan serta pertanyaan lainnya yang berhubungan dengan bisnis kuliner.

Peserta yang hadir sekitar 30 orang dengan formasi duduk peserta persegi empat yang biasa dilakukan saat rapat. Seperti pada kebanyakan acara TDA Bandung, beberapa dari peserta adalah pendatang baru.

Kurang lebih 3 jam, mulai pukul 09 pagi sampai pukul 12 siang acara ini berlangsung. Di akhir acara, ketua TDA Bandung, Arif Budiono menyampaikan hasil dari Rapat Kerja Nasional TDA, disambung dengan pembagian formulir calon anggota TDA Bandung.

Program FGD TDA Bandung ini akan diadakan setiap sebulan sekali pada minggu ketiga. Rencananya pada bulan depan akan dikupas masalah fashion dan konveksi sebagai persiapan bulan Ramadhan.

Program ini murni gratis, peserta hanya membayar apa yang mereka makan di kafe tersebut atau dengan kata lain  you pay what you eat only. (M.Yasin)