TDA Camp Bandung

TDA Camp Bandung

“Apa kabar?”, sahut MC ke para peserta. “MUDA, BEDA, BERKARAKTER!”, jawaban lantang para peserta. Tepat seminggu yang lalu saya mengikuti kegiatan TDA Camp 2. Awalnya berniat ingin mendapatkan lingkungan yang memiliki visi yang sama yaitu yang focus di bidang entrepreneur dan Alhamdulillah setelah mengikuti TDA Camp 2 ini, saya mendapatkan lebih dari sekedar lingkungan entrepreneur! It`s much more than entrepreneur environment, it`s about future. Filosofi TDA sudah sangat terlihat dari namanya, Tangan Di Atas, seperti hadits Rasulullah yaitu Rasulullah bersabda,

”Tangan yang di atas lebih baik daripada tangan yang di bawah. Dan mulailah dari orang yang menjadi tanggunganmu. Dan sebaik-sebaik sedekah adalah yang dikeluarkan dari orang yang tidak membutuhkannya. Barangsiapa menjaga kehormatan dirinya maka Allah akan menjaganya dan barangsiapa yang merasa cukup maka Allâh akan memberikan kecukupan kepadanya.”

Filosofi TDA sangat dekat dengan bersedekah dan dalam bersedekah juga diajarkan untuk bisa memberikan kala sempit maupun lapang. Namun, jangan hanya berharap bahwa di TDA ini kegiatannya hanya terbatas sedekah saja. Ada banyak kegiatan plus plus yang lainnya.

MUDA. Ketika datang ke TDA Camp 2, saya ditemani teman yang ternyata juga berasal dari satu kampus dulunya. Alhamdulillah bisa kenal lebih dekat karena berangkat bareng menuju lokasi. Ekspektasi saat acara TDA Camp 2 ini, isinya akan banyak di usia-usia muda. Katakanlah sekitar 20 – 30 tahun. Eh ternyata, ada yang sudah hampir 50 tahun (ga nunjuk siapa orangnya hahaha). Beragam usia, beragam pengalaman juga. Dan kata MUDA inilah yang saya soroti. MUDA berarti semangat terus berjuang ada di dalam setiap mata yang saya pandang di setiap peserta TDA Camp 2 ini. MUDA identic dengan curious atau kalau kata Steve Jobs “stay hungry stay foolish”. Ya, saya melihat banyak orang yang masih ingin belajar walaupun penghasilannya sudah ratusan juta. Jadi, inilah hebatnya TDA untuk dapat terus membuat orang-orang di dalam nya selalu MUDA semangat nya, syukur-syukur ngaruh ke muka hehe (mohon aminkan, like, comment, dan share postingan ini #makin ga jelas).

BEDA. Tentu beda. Dari segi materi TDA ini diisi oleh banyak sekali pengusaha, baik pemula maupun expert. Bahkan ada salah satu Presiden TDA yang berstatus sebagai coach business yang sudah terlisensi internasional. Perkumpulan TDA selalu hidup baik canda tawa, sharing ilmu, dan kekentalan dalam kekeluargaan. TDA sudah berdiri semenjak Tahun 2006. Umur TDA yang sudah hampir 10 tahun di Tahun 2016 membuktikan bahwa TDA ini bisa hidup dan eksis. Dari segi kegiatan, TDA memiliki concern untuk meningkatkan kualitas membernya, seperti FGD (focus group discussion), sharing ilmu seperti buku-buku bisnis, dan masih banyak lagi. Banyak ilmu yang bisa dicuri untuk kemajuan bisnis para member. Selain itu, TDA juga tidak lupa akan tanggung jawab social. Masjid dan pesantren adalah salah satu bukti kuat akan tanggung jawab social ini ditunaikan. Inilah yang saya katakana BEDA, TDA memiliki perbedaan untuk tetap membuat dirinya tetap eksis dan memiliki pengaruh baik ke internal maupun eksternal.

BERKARAKTER. Konon dikarenakan naik turunnya penghasilan pengusaha, membuat pengusaha mudah dekat dengan Tuhannya. Aamiin semoga kita semua juga seperti itu. Dan itulah yang membuat karakter pengusaha bukan sebagai karakter PENUNGGU. Pengusaha tidak akan menunggu rezeki datang kepadanya, namun pengusaha harus bergerak responsive untuk menangkap peluang agar rezeki datang kepadanya. Istilah sederhananya adalah menjemput rezeki. Disinilah karakter-karakter dasar pengusaha sering di bagikan. Membuat member TDA untuk terus mengingat bahwa segalanya hanya sementara, seperti omset bulan ini saja. Bisa jadi omset bulan ini kita mencapai target, namun bagaimana bulan depan? Nah! Makanya ikutan TDA biar karakternya terbentuk hehehe.

Sedikit banget yang bisa saya share. Saya hanyalah member TDA yang baru banget masuk namun saya bisa banyak menangkap signal positif disini. Inilah yang membuat saya tergerak untuk ingin aktif disini. MUDA, BEDA, BERKARAKTER! Terimakasih TDA camp!