Komunitas TDA Perempuan Bandung yang menyebut kelompoknya sebagai WWC (Wonder Woman Club) kembali mengadakan pertemuan rutin bulanan pada hari minggu tanggal 23 Agustus 2015 bertempat di Café Persib Jalan Sulanjana Bandung. Pertemuan rutin ini sekaligus menjadi ajang pelatihan bagi anggota komunitas TDA Perempuan Bandung dimana pada kesempatan ini pelatihan dasar akuntansi dipilih menjadi tema.

Dibantu oleh Sartika Ulfah, pemilik usaha kaos kaki MyHayra yang agennya telah tersebar di seluruh Indonesia, para anggota mendapatkan pemahaman pentingnya pembuatan laporan keuangan dalam mendukung usaha mereka. Pembuatan laporan keuangan dapat menyediakan informasi utang piutang yang menjawab permasalahan anggota dan menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.

Sartika menyajikan kasus laporan keuangan cinta fashion dalam tiga bentuk laporan yaitu laba/rugi, neraca dan laporan perubahan modal. Pada pelatihan ini, anggota belajar proses pembuatan laporan yang difokuskan pada pencatatan transaksi dan pembuatan jurnal, sedangkan langkah pembuatan laporan selanjutnya yaitu pembuatan buku besar dan tiga bentuk laporan tersebut telah tersaji sebagai contoh.

Antusiasme peserta yang keseluruhnya adalah perempuan ini didukung oleh para suami yang juga tergabung dalam TDA Bandung. Panitia pelatihan dan pertemuan rutin menyediakan kids corner yang diinisiasi oleh Muri Handayani dimana ada playground, lego dan hot wheels untuk mengalihkan perhatian anak. Selama 3 jam pelatihan berlangsung, seluruh peserta dapat dengan khidmat menyimak materi dengan bantuan kids corner dan penjagaan suami.

“Saya sangat bersyukur dengan pelatihan ini yang memberikan pemahaman lebih tentang pembuatan laporan keuangan terutama pada penomoran akun pokok dalam aturan akuntansi. Walaupun laporan keuangan akan dikerjakan software atau konsultan, namun yang paling memahami proses bisnis dan kebutuhan nomor akun pokok adalah pemilik bisnis”, ujar salah satu peserta pelatihan.

Pelatihan menitikberatkan pada penggunaan aturan umum debet dan kredit pada kelima akun utama yaitu asset, kewajiban, ekuitas, pendapatan dan beban. Di pelatihan ini, peserta mendapatkan modul dan kolom jurnal kosong yang dilatih untuk diisi bersama.

Di akhir pelatihan, Eva Herliyanti selaku bendahara memimpin pengundian pemenang arisan. Sedangkan Nissa sebagai coordinator TDA Perempuan Bandung memimpin acara tukar kado yang dibungkus Koran dengan maksimal nominal 10 ribu rupiah. Acara berakhir pada pukul 1 siang dan dilanjutkan dengan makan siang.

 

Innayah Roza
Waroenk Laundry