TDA Berbagi gnKasur2fb

“Barangsiapa yang memberi makanan berbuka bagi orang yang berpuasa, maka baginya pahala yang semisal orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikit pun.” (HR. At Tirmidzi, beliau berkata, “Hadits Hasan Shahih”)

Rekan-rekan TDA, di  Bulan Ramadhan yang mulia ini, Divisi Sosial TDA Bandung kembali akan mengadakan kegiatan sosial berupa santunan untuk masyarakat di Pegunungan Palintang, tepatnya di Kampung Gunung Kasur Desa Cipanjalu Cilengkrang Kabupaten Bandung.

Seperti yang sudah kita ketahui, Kampung Gunung Kasur ini merupakan kampung binaan TDA Bandung. Setahun yang lalu TDA Bandung mengadakan kurban peduli dan pembangunan masjid disana.

Kegiatan sosial kali ini, menitik beratkan pada santunan kebutuhan pokok untuk membantu warga menjalani ibadah shaum Ramadhan dan menghadapi lebaran. Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak tempo hari sangat dirasa berat oleh penduduk disana.

Di desa yang dihuni 38 Kepala Keluarga ini kebanyakan mata pencaharian mereka adalah buruh di perkebunan kina yang statusnya hanya serabutan. Hanya ada empat orang yang statusnya sudah tetap dengan gaji 800 ribu setiap bulannya.

Sebagian penduduk ada juga yang mempunyai usaha penggemukan sapi. Sapi ini berasal dari penduduk di luar Kampung Gunung Kasur yang dititip di Gunung Kasur untuk digemukan dengan sistem bagi hasil. Tapi ada juga sapi yang merupakan program PKBL BUMN.

Kondisi perkampungan ini sangat sederhana sekali. Rumah mereka panggung terbuat dari bilik-bilik. Mereka memanfaatkan kekayaan alam sekitar dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Meskipun listrik sudah masuk ke perkampungan ini tiga tahun yang lalu, kondisinya masih sepi dan hening. Karena sebagian penduduknya memilih merantau  ke kota untuk mengais rizki lebih.

Melihat kondisi seperti ini Divisi Sosial TDA Bandung mengajak rekan-rekan TDA untuk terjun membantu mereka.

Nilai donasi yang akan diberikan perkepala keluarga sebesar Rp. 500.000,- dengan asumsi 38-40 KK, maka jumlah donasi yang diperlukan Rp. 20.000.000,-

Nilai donasi tersebut akan diberikan berupa kebutuhan pokok makanan dan pakaian.

Selain pemberian santunan kebutuhan pokok, TDA Bandung akan menggelar buka puasa bersama penduduk disana dan memperbaiki fasilitas umum seperti tempat mencuci dan mandi.

Rencana penyakluran donasi ini akan dilaksanakan pada hari Ahad tanggal 28 Juli atau 19 Ramadhan.

Berikut ini kami sampaikan rincian rencana donasi program TDA Peduli.

Santunan kebutuhan Pokok : 20.000.000

Buka Bersama : 5.000.000

Perbaikan Fasilitas Umum : 5.000.000

Total : Rp. 30.000.000,-

Donasi bisa disalurkan melalui rekening bersama

BCA 0860508567 a/n Ade Wahyudi/ Hernawan A W

Konfirmasi Transfer bisa melalui email ke:

denikoerniawan@gmail.com
giginsaepudin@yahoo.co.id

 

“Tidaklah sedekah itu mengurangi harta dan tidaklah pemberian maaf itu kecuali ditambah kemuliaan oleh Allah dan tidaklah seseorang tawadhu karena Allah, kecuali Dia akan mengangkat derajatnya.” (HR Muslim).

 

Deni Kurniawan

Divisi Sosial TDA Bandung