MANING-MANING DUWIT

Entah sudah berapa kali saya dengar hal yang mirip-mirip. Ada yang cerita kalau dia habis “ngamen” dua hari dapat sekian juta. Eh pas pulang tiba-tiba disaku tinggal beberap ratus ribu. Ada yang bilang omzetnya stabil naik. Eh tapi hampir tiap bulan cari-cari dana talangan.

Ada juga yang pernah nyodorin laporan keuangan ke saya: “Nih mas sepanjang 2017 omzet saya sekian ratus juta. Turun sih, tapi masih lumayanlah.”

“Wah bagus dong kalo gitu. Ini saya lihat masih ada margin sekian puluh juta. Ya udah ini aja dipake buat budget karyawan dan komputer baru. Biar kapasitas dan kualitas lebih baik tahun ini.”

“Oh iya yah.. Da tapi di rekening ga ada uang segitu.”

“Loh kemana emang uangnya?”

“Ya itu dia. Saya juga ga tahu..”

___

Kalau sudah begini saya kadang jadi sedih plus sebel. Sedih karena ini teman saya. Sebel karena kalo memang ingin bisa berdaya secara keuangan mbok ya belajar sungguh-sungguh tentang keuangan gitu loh. Tapi ya siapa saya yang bisa maksa-maksa.

Hal terbaik yang bisa kami lakukan sebagai pengurus adalah terus mengupayakan edukasi mengenai keuangan ini. Atas dasar inilah kami pengurus TDA Bandung akhirnya menjalin kerja sama dengan Jurnal untuk menyelenggarakan Workshop Keuangan. Pematerinya adalah Pak Farid Rasyidi, seorang konsultan keuangan yang sudah malang melintang sejak tahun 2006. MC-nya tentu saja siapa lagi kalau bukan Deden Delicious, MC mahal paling kocak segajad raya 🙂:kissing_heart:

Rasanya sudah ga perlu lagi saya menyampaikan apa pentingnya belajar keuangan. Apalagi di jaman ekonomi lagi ga enak kayak sekarang. Semua pasti juga sudah tahu. Tinggal pertanyaannya: mau action belajar keuangan dengan sungguh-sungguh apa enggak?

Bagi yang mau, yuk ikutan Workshop Keuangan hari Sabtu 10 Februari 2018 di Swamedia Creative Space. Daftarnya ke Bu @DessyFajarwati.

Terbatas 30 orang. Bawa laptop masing-masing karena kita bakal praktek langsung.

Batas transfer hari Kamis, 8 Feb 2018 jam 19:00. Seperti biasa, uang komitmen ini akan dikembalikan kalau:
– Datang tepat waktu
– Ikut acara sampai selesai

*Thanks to Swamedia, Jurnal, dan beberapa pihak yang sudah berkontribusi sehingga acara ini bisa terselenggara dengan GRATIS. I love you full :heart:

Alhamdulillah, baru posting bbrp menit udh ada yang njapri mau nyumbang doorprize.

Damn I love TDA 🙂:kissing_heart: